Catatan Afiqi

"Lihatlah aktivitas air terjun yang selalu deras tiada henti, sederas kita dalam menuntut ilmu sampai mati." (Afiqie Fadhihansah)

Pemateri di School of Research

Alhamdulillahirobbil'alamin, tepat hari Kamis, 3 April 2014 pukul 15.45 WIB adalah saat-saat dimana saya diundang oleh Kelompok Ilmiah Mahasiswa (KIM) Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang untuk menyampaikan materi dan sharing yang bertemakan "Wanna be Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) 2015". Peserta yang datang berjumlah belasan orang. Alasan panitia mengundang saya karena sebelumnya saya telah terpilih menjadi finalis mawapres UB tahun 2014.


Pada kesemptan ini saya menyampaikan materi mengenai pengertian mawapres, alasan menjadi seorang mawapres, kiat dan tips menjadi mawapres, persiapan-persiapan yang perlu dilakukan menghadapi Mawapres 2015. Peserta dihadiri oleh pengurus dan anggota KIM Fapet UB yang masih duduk di bangku semester 2 hingga 6. Jujur, mereka sangat antusias saat saya menyampaikan materi mengenai mawapres. Sebelumnya saya pernah memposting mengenai mawapres di http://www.afiqie.com/2014/03/mawapres-mahasiswa-berprestasi.html
Saya menyampaikan materi di depan peserta School of Research (SOR)
Seperti biasa, setelah selesai menjelaskan materi, untuk memotivasi teman-teman, saya memutarkan videonya Danang A. Prabowo, mahasiswa IPB angkatan 2004 yang pernah menjuarai Mawapres tingkat nasional tahun 2007. Setelah saya selesai menyampaikan seluruh materi, saatnya saya untuk dihujani pertanyaan. Ya, karena hampir semua bertanya, terutama di penghujung akhir waktu. Pertanyaannya sangat beragam, mulai dari bagaimana cara manajemen waktu agar bisa berprestasi, hingga bagaimana cara tembus lomba di tingkat internasioal.
Antusias adik-adik KIM Fapet UB
Saya jawab mulai dari cara manajemen waktu, seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa aturlah kegiatan dengan menempatkan pada waktu dan tempat yang tepat, maksudnya kita harus fokus saat berada di tempat kita berada, misal kita berada di bangku kuliah, hendaknya kita fokus belajar, sebaliknya, bila kita sedang berada di sekretariat organisasi, hendaknya kita fokus untuk berorganisasi, bukan malah mengerjakan tugas. Kemudian cara selanjutnya yaitu dengan "menuliskan target-target", agar kita mempunyai arahan yang jelas.

Pertanyaan selanjutnya agar bisa menmbus tingkat internasional, saya menyarankan untuk membentuk tim yang multi disiplin ilmu (lintas fakultas atau lintas jurusan), karena semakin banyak disiplin ilmu, maka akan semakin menarik topik yang akan dibahas, penyelesaiannya juga semakin kompleks.
Di akhir sesi, saya diberi souvenir dan sertifikat dari panitia. Terima kasih kepada panitia yang telah mengundang saya, semoga ilmu yang saya sampaikan bermanfaat, selamat mengukir prestasi! Pesan yang saya sampaiakan di akhir acara:
“Niatkan diri menjadi mawapres adalah untuk memetik buah dari proses, terhitung sebagai amal jariyah, bukan sebagai tujuan akhir"  

Share this:

MediaIklan


Ingin iklan Anda masuk di website ini? Silakan klik di sini

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari Anda. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.