Catatan Afiqi

"Lihatlah aktivitas air terjun yang selalu deras tiada henti, sederas kita dalam menuntut ilmu sampai mati." (Afiqie Fadhihansah)

Komunikasi, Hal yang Sangat Penting!

Kali ini saya akan share cerita sedikit, perihal masalah komunikasi. Suatu ketika saat saya sedang berkomunikasi di depan kelas, ternyata perkataan saya tidak terlalu dipahami oleh para pendengar saya. Memang dasarnya saya kurang bisa berinteraksi dan menjelaskan dengan baik bila harus berada di depan orang banyak.

Komunikasi menunjang interaksi antar manusia
Sumber Gambar: dakwatuna.com
Bayangkan bila kita sedang bicara panjang lebar dengan lawan bicara, namun akhirnya tidak dipahami, bakal jadi sia-sia deh, rugi waktu, tenaga, pikiran donk. Saya mulai sedikit mengambil hikmah, komunikasi itu bukan masalah bahasa tulisan, namun bahasa lisan! Memang, saat kita menulis harus memiliki gaya bahasa seperti kita sedang berbicara dengan pembaca, namun berbeda saat kita harus berbicara, harus lebih dari sekadar berbicara! Yakni paham!
Well, itulah yang ada pada diri saya. Bukan lantas sering membaca dan menulis, bahasa kita sama seperti buku (sambil nunjuk diri sendiri, hehe). Yuk biasakan berkomunikasi, ajak temanmu untuk berdiskusi tentang suatu hal dan coba kasih feed back selepas berdiskusi.
Mudah-mudahaan bermanfaat ya, semoga komunikasi jangan sampai ada miss, dan miss jangan sampai ada universe-nya, hehe.

Share this:

MediaIklan


Ingin iklan Anda masuk di website ini? Silakan klik di sini

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari Anda. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.