Catatan Afiqi

"Lihatlah aktivitas air terjun yang selalu deras tiada henti, sederas kita dalam menuntut ilmu sampai mati." (Afiqie Fadhihansah)

Berpetualang di Jogja

Kali ini saya sedikit cerita mengenai perjalanan liburan akhir periode 2012/2013 squad Generasi Robbani di Jawa Tengah dan Jogja saat liburan akhir semester genap, lebih tepatnya pada tanggal 29-30 Juni 2013 silam. Saya tidak sendirian, ada Wahyu, Joko, Rohman, Yogi dan Aman.
Berangkat dari Malang sekitar pukul 8 malam dengan naik bus menuju Surabaya terlebih dahulu. Setelah itu lanjut perjalanan Surabaya-Jogja sekitar 6 jam perjalanan.

29 Juni 2013

Akhirnya sampailah kami di terminal Jogja. Pertama kami langsung bergegas ke Magelang, Jawa Tengah untuk mengunjungi Candi Borobudur, untuk kali kedua saya mengunjungi candi ini setelah kunjungan Studi Kenal Alam dan Lingkungan MTsN Kediri 2 tahun 2006 silam.
Berfoto di Candi Borobudur
Setelah puas menikmati pemandangan Candi Borobudur, kami langsung bergegas mencari masjid terdekat untuk menunaikan sholat dzuhur sekaligus istirahat. Kira-kira pukul 14.00 WIB kami bertolak menuju Malioboro. Seperti biasa, tujuan kami di sini adalah untuk hunting pakaian dan oleh-oleh untuk penghuni GR yang tak bisa berangkat.
Berfoto di tengah jalan (kayak orang hilang)
Setelah puas di Malioboro, pukul 19.00 WIB kami bergegas menuju kampus UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Tujuan kami kali ini adalah mencari tempat bermalam. UNY memiliki lokasi yang dekat dengan UGM (Universitas Gadjah Mada). Sampailah di masjid UNY, kami beristirahat di sana.

30 Juni 2013

Kami terbangun sekitar pukul 04.00 WIB untuk menunaikan sholat subuh di masjid. Selain itu juga kami tentu tidak lupa untuk mandi terlebih dahulu sebelum melanjutkan petualangan selanjutnya, hehe. Setelah dirasa cukup, kami melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi kampus UGM yang letaknya bersebelahan.
Luasnya UGM, banyak yang bersepeda
Saya salut dengan kampus ini, selain luas, juga mayoritas orang-orangnya bersepeda, tak seperti UB.
Setelah puas kami di UGM, perjalanan selanjutnya adalah mengunjungi pantai selatan pulau jawa, yakni Pantai Parangtritis. Awalnya kami berminat mandi di pantai ini, namun niatan itu berubah saat kondisi pantai yang sangat kotor, tak seperti pantai pasir putih.
Kondisi Pantai Parangtritis
Akhirnya kami hanya mondar-mandir nggak jelas, hehe. Setelah puas, kami langsung bergegas pulang. Kali ini kami sedikit nekat dengan meminta barengan mobil pick up di jalan (alias nebeng, hehe). Hal ini kami lakukan karena sudah tidak ada lagi angkutan umum yang lewat di sekitar Parangtritis pada sore menjelang malam hari. Namun kami mencari masjid terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan.
Setelah itu kami langsung mencari truk yang bisa dinaiki. Akhirnya ada truk yang mau diajak bareng mengangkut kami. Sampailah di perempatan (lupa namanya, hehe). Kami berjalan menuju terminal Jogja dengan berjalan kaki sejauh 5 Km.
Sebelum ke terminal, kami dinner terlebih dahulu. Kira-kira waktu sudah menunjukkan pukul 23.00 WIB, kami bergegas mencari bus jurusan Surabaya.

1 Juli 2013

Sampailah di Kota Surabaya tepat pukul 04.30 WIB, kami bergegas mencari mushola di terminal. Setelah itu kami lanjutkan perjalanan untuk balik ke Kota Malang. Setelah perjalanan dua jam dari Kota Surabaya, akhirnya sampailah di Kota Malang dengan selamat. Alhamdulillah.