Catatan Afiqi

"Lihatlah aktivitas air terjun yang selalu deras tiada henti, sederas kita dalam menuntut ilmu sampai mati." (Afiqie Fadhihansah)

Yuk Bersepeda Mulai Sekarang, Tunggu Apa Lagi?

Sepeda, sepertinya sudah jarang sekali dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Maklum zaman sudah mulai berubah. Kita pasti tahu kalau nenek moyang kita dulu gemar memakai sepeda sebagai alat transportasi, sepeda onta namanya. Honda 70-an menjadi barang mewah saat itu.


Kalau saat ini kita melihat orang bersepeda rasanya sangat aneh sekali. Entah saya pernah mendengar argumen "masih zaman pakai sepeda?", "bikin capek tau!", "melelahkan", atau argumen-argumen lainnya, yang jelas menurut saya itu adalah argumen sebagai bentuk kemalasan kita kawan :)

Sejak SMP, alhamdulillah saya bersepeda saat ke sekolah, meski sesekali diantar, hehe. Saat ini pun ketika di kampus, alhamdulillah saya juga masih bersepeda. Saya sangat kagum sekali saat mengunjungi kampus UGM (Universitas Gajah Mada) Yogyakarta, ternyata di kampus UGM banyak sekali yang memakai sepeda, sampai terpasang banner "Terima kasih untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor", berbeda dengan kampusku saat ini (sebut saja Universitas Brawijaya Malang, hehe). Saat saya belajar di Kampung Inggris Pare pun, di setiap tempat disediakan rental sepeda. Salut deh sama dua tempat tadi. Lingkungan yang mendukung orang bersepeda. Makanya yuk kita jual sepeda motor kita, terus belikan sepeda, sisa uangnya kan bisa untuk ditabung, ya kan? Hehe.
Suasana bersepeda di kampus UGM (Sumber: link)
Sepeda khusus kampus UGM (Sumber: link)
Saya lagi berfoto di depan masjid An-Nur, Pare, Kediri tahun 2010
Menikmati sepinya jalanan di Pare, Kediri
Ini sepeda yang biasa saya pakai saat ke kampus
Kalau kita tahu negara-negara maju saat ini mayoritas penduduknya malah memakai sepeda dan alat transportasi umum (public transport), seperti negara Jepang dan Belanda. Selain punya kedisiplinan yang tinggi dan budaya "gila kerja", orang Jepang juga patut diacungi jempol karena kesederhanaan mereka. Walaupun negara ini punya perusahaan otomotif kelas dunia misalnya Honda dan Toyota, ternyata orang Jepang tidak begitu suka naik kendaraan. Untuk perjalanan jarak dekat, biasanya orang Jepang akan jalan kaki atau naik sepeda.
Warga Jepang naik sepeda
Bahkan berangkat kerja pun mereka biasa naik sepeda hingga stasiun, lalu menitipkan sepedanya di tempat parkir stasiun yang canggih dimana terdapat robotnya juga, kemudian saat pulang mereka akan kembali mengambil sepedanya. Ini juga sesuai dengan komitmen pemerintahan mereka untuk menghemat energi. Bagi pengguna sepeda disana cara memparkirkan sepedanya juga dinilai unik dan pastinya keamanan juga tetap terjaga. 
Saat kerja naik sepeda, kalau kamu?
Manfaat bersepeda
Manfaat bersepeda sangat banyak sekali, berikut ini adalah manfaat bersepeda yang saya ambil dari artikel Ketahui 9 manfaat kesehatan dari bersepeda dari Merdeka.com:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi dan virus. penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik seperti berolahraga dan bersepeda bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih bugar. Selain itu, bersepeda juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap sel kanker dan tumor.

2. Kekuatan otot
Manusia memiliki beberapa ratus otot yang digunakan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Tak aktif selama satu minggu saja bisa menurunkan kekuatan otot sebanyak 50 persen dan merusaknya dalam jangka waktu yang panjang. Ketika berolahraga, otot akan semakin aktif. Ini membuat otot semakin kuat dan berfungsi secara efisien.

3. Sistem kerangka
Kerangka adalah bagian yang menunjang organ lain dalam tubuh, seperti otot, tendon, dan organ lainnya. Olahraga dan bersepeda bisa menguatkan tulang dan menambah fleksibilitasnya untuk bergerak. Bersepeda juga memiliki manfaat baik untuk kekuatan serta kepadatan tulang.

4. Kesehatan mental
Bersepeda memiliki efek yang baik untuk membuat seseorang menjadi tenang. Selain itu, bersepeda juga bisa menstabilkan tubuh secara fisik maupun emosional. Bersepeda bisa menurunkan kadar kecemasan, depresi, dan masalah psikologi lainnya. Selain itu, olahraga dengan bersepeda juga bisa menyeimbangkan hormon.

5. Oksigen dan sirkulasi
Oksigen penting untuk semua organisme hidup dan sangat penting untuk proses pernapasan manusia. SIstem pernapasan biasanya terganggu dengan kurangnya aktivitas. Bersepeda, salah satu aktivitas fisik yang bisa menguatkan otot pernapasan dan paru-paru sehingga bisa membuat sistem pernapasan lebih baik. Sistem pernapasan yang baik juga bisa meningkatkan jumlah energi yang dihasilkan oleh tubuh.

6. Penyakit jantung dan kardiovaskular
Jantung adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Namun jantung juga bisa rusak akibat kurangnya aktivitas. Bersepeda adalah aktivitas yang paling baik untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung. Semua faktor yang bisa mengarah pada serangan jantung bisa dikurangi dengan bersepeda. Bersepeda juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen.

7. Berat badan dan obesitas
Bersepeda adalah aktivitas ideal yang bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas hingga 70 persen. Dengan menurunnya berat badan, maka akan semakin mudah juga bagi tubuh untuk mengatur kolesterol. Rajin olahraga dan bersepeda di masa muda bisa menurunkan risiko obesitas di masa tua. Selain itu, dengan berat badan yang terjaga, sistem metabolisme juga akan ikut terjaga.

8. Tekanan darah
Bersepeda secara teratur bisa mencegah atau setidaknya mengurangi tekanan darah. Menjaga tekanan darah tentu penting untuk menghindari stroke atau kerusakan pada organ lainnya. Tekanan darah juga bisa diturunkan dengan menurunkan kecepatan detak jantung, yang bisa dilakukan dengan bersepeda teratur.

9. Kanker
Aktivitas fisik, seperti olahraga telah diketahui bisa menurunkan risiko kanker payudara, usus, prostat, dan pankreas. Kemungkinan besar, bersepeda juga bisa menurunkan risiko kanker paru-paru.

Ternyata, meski terlihat mudah dan remeh, bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jadi, tunggu apa lagi?

Yuk, mulai biasakan untuk bersepeda secara teratur sekarang juga!

Share this:

MediaIklan


Ingin iklan Anda masuk di website ini? Silakan klik di sini

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari Anda. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.