Catatan Afiqi

"Lihatlah aktivitas air terjun yang selalu deras tiada henti, sederas kita dalam menuntut ilmu sampai mati." (Afiqie Fadhihansah)

Perjalanan ke Negeri Sakura (Part 2)


Sambungan dari Perjalanan ke Negeri Sakura (Part 1)

Menanti Pengumuman
Pada masa ini, kami menanti pengumuman yang sangat mendebarkan. Apabila saya menang dalam lomba tersebut. Lomba tersebut adalah lomba tingkat internasional dan saya baru pertama kali mengikuti lomba tingkat internasional. Saya mantapkan tujuan saya dan mengingat kembali kata-kata bijak yang pernah saya dapat “kesempatan sulit untuk datang dua kali, cobalah sebelum kamu menyesalinya”. Kebimbangan tersebut akhirnya mulai pudar dan saya mengikuti lomba tersebut bukan untuk mendapatkan hadiahnya tapi pengalaman tentang bagaimana saya mencapai tujuan saya.

Kemantapan hati saya bertambah dengan mendapatkan teman satu tim yang merupakan orang-orang yang hebat menurut pandangan saya. Mereka adalah Billy, aku sering berpartner dengannya, dia pernah mendapat medali di Olimpiade Penelitian Sains Indonesia semasa SMA. Mbak Iim, peraih IPK cumlaude yang juga pernah go international sebelumnya. Serta ada Adwin dan Izzur yang juga sering menjuarai LKTI dan bisnis plan. Hanya setiap sujud yang bisa kuminta kepada-Nya agar kami selalu diberikan yang terbaik.

Pengumuman Pemenang Bussiness Plan Contest SOI Asia
 Pengumuman pemenang di website SOI Asia
Setelah sholat subuh, handphone-ku berbunyi, ada pesan dari Billy bahwa tim kami menjadi pemenangnya. Sebuah kenyataan yang diluar dugaan, serta impian dari dulu yang mungkin tidak akan pernah terwujud. Impian terdalam, bukan hanya sekadar impian namun juga merupakan tujuan. Impian itu perlahan mulai mendekatiku dan berkata lirih kepadaku, seraya mengucapkan sebuah kalimat yang kunanti-nantikan sejak dulu, “aku akan muncul menjadi kenyataanmu”.

Ternyata Allah SWT telah memberiku kemenangan ini, dengan menjuarai  Bussiness Plan Contest SOI Asia. Bersama Billy, Izzur, Adwin dan Mbak Iim, kumulai langkah selanjutnya yaitu persiapan menuju tangga juara. Sempat terbesit, kemana langkah kakiku akan kuhempaskan.
Tanpa berfikir panjang, dua hari setelah kami mendapatkan pengumuman ini via web, kami langsung bertemu dengan Pak Lilik di Piblam Universitas Brawijaya, ruangannya ada di lantai 3. Ya, perasaan senang juga ditunjukkan oleh pembimbing kami ini. Kami mendapatkn motivasi dari beliau mengenai kesempatan kami untuk bisa ke Jepang, itulah negara yang memang kuimpikan selama ini, Jepang juga target di catatanku.

Kami juga sempat sendiko dawuh ke Pak Yogi Sugito, Rektor Universitas Brawijaya, bersama humas Prasetya Online yang sebelumnya sempat mewawancarai kami.
Wawancara oleh Prasetya Online

Sempat menunggu beberpa saat untuk bisa masuk ke ruangan Pak Rektor, akhirnya kami dapat giliran dan sempat berkomunikasi dengan beliau.
Berbincang dengan Pak Rektor UB di ruangannya

Selain berbincang-bincang, kami juga sempat berfoto dengan beliau di akhir pertemuan kami, ini hasil fotonya yang juga dimuat oleh Prasetya Online di http://prasetya.ub.ac.id/berita/UB-Juara-Business-Plan-2012-SOI-ASIA-12283-id.html :
Foto bersama dengan Pak Rektor UB
Ya, kemenangan ini membawa kami untuk bisa belajar lebih dalam mengenai bisnis dan melakukan riset di negeri sakura dengan diberi reward berupa uang sebesar USD **** per orang.
Berbagai persiapan juga kami lakukan. Saya, Billy, Izzur dan Adwin segera mengurus paspor di Kantor Imigrasi (Kanim) Kota Malang, sedangkan Mbak Iim sudah punya sebelumnya. Selain paspor, kami juga mengurus visa yang alhamdulillah dibantu oleh rektorat UB untuk mengurusnya. Serta kami mengurus perizinan untuk tidak mengikuti kuliah selama kami di sana.

Meeting tiap pekan pun kami lakukan, demi mempersiapkan tim kami ke Jepang agar bisa tampil maksimal, sekaligus membawa kebanggaan bagi Indonesia, khususnya Universitas Brawijaya Malang. Meeting yang kami gelar untuk menentukan tempat mana saja yang akan kami kunjungi.
Ada rekan dari Jepang yang selalu membantu kami dalam mempersiapkan ini, dia adalah Goi San (Mr. Goi). Saat ini sedang menempuh jenjang S3 di Universitas Keio. Beliau membantu kami memberikan informasi mengenai perusahaan dan rumah sakit yang ada di Jepang.

Kami mempersiapkan rundown saat berkunjung kesana dengan jadwal 6 hari, yaitu tanggal 16-21 Maret 2013. Ada dua kunjungan, yaitu formal dan informal program. Jadwal untuk formal program rencana awal kami ingin mengunjungi Sony, Fujitsu, dan perusahaan-perusahaan terkenal di Jepang. Namun pikiran berubah saat hati kami menyatakan belum siap untuk berkunjung ke sana. Alternatif lain yaitu perusahaan telekomuniasi NTT Data yang tak kalah besarnya. Seperti PT Telkom yang ada di Indonesia, memonopoli jasa telekomunikasi di Indonesia. Selain NTT, kami juga akan berencana mengunjungi Rumah Sakit Universitas Keio (Keio University Hospital) dan Universitas Keio. Sedangkan informal program, kami telah merencanakan untuk mengunjungi tempat-tempat terkenal di Jepang, seperti Disney Land, Anime Center, dan lain sebagainya.

Tak terasa, waktu sudah hampir mendekati keberangkatan kami, kami cek kembali perlengkapan yang kami bawa, mulai dari kebutuhan logistik tim, hingga kebutuhan pribadi kami.

Bersambung ke Perjalanan ke Negeri Sakura (Part 3)


Share this:

MediaIklan


Ingin iklan Anda masuk di website ini? Silakan klik di sini

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari Anda. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.