Catatan Afiqi

"Lihatlah aktivitas air terjun yang selalu deras tiada henti, sederas kita dalam menuntut ilmu sampai mati." (Afiqie Fadhihansah)

Potensi Bakteri E.coli untuk Penyimpan Data

Bakteri yang selama ini hanya menjadi pokok bahasan dibidang kedokteran maupun dibidang pengetahuan biologi, kini mulai merambah di dunia informasi dan komunikasi. Masih belum terlintas di dalam fikiran, sebenarnya apa fungsi bakteri di bidang informasi dan komunikasi. Reproduksi alami bakteri juga dapat dimanfaatkan untuk membuat duplikasi data dan menjaga integritas informasi yang disimpan. Ini juga membuat proses pengambilan kembali data dapat dilakukan dengan lebih mudah.
Ide menyimpan data di dalam bakteri sudah terlintas sekitar satu dekade terakhir. Pertimbangannya, bakteri yang paling sederhana sekalipun memiliki untaian DNA panjang yang bisa menyimpan enkripsi data. Selain itu, secara alamiah, bakteri jauh lebih tahan terhadap kerusakan dibanding media penyimpanan elektronik manapun. Ia sanggup bertahan dari berbagai macam bencana yang dapat menghancurkan harddisk.
Bakteri dapat digunakan sebagai media penyimpanan data karena bakteri mampu melakukan enkripsi pesan tertulis menjadi sebuah angka binari yang kemudian kembali di-coding dalam bentuk huruf-huruf yang melambangkan rangkaian DNA Bakteri. DNA Bakteri kemudian akan diacak untuk menampilkan pesan tertentu.
Cara kerja bakteri untuk menyimpan data adalah dengan menggunakan teknik bioencryption, yakni teknik melakukan enkripsi data di dalam makhluk hidup. Selain itu, bakteri E. coli mampu melakukan reproduksi secara cepat sehingga kapasitasnya semakin besar untuk menyimpan data.

Sumber Pustaka:
-Anonim. 2010. Escherichia coli. http://id.wikipedia.org/wiki/Escherichia_coli [20/12/2010]
-Anonim. 2010. Penyimpanan Data Komputer.http://id.wikipedia.org/wiki/ Penyimpanan_data_komputer [19/12/ 2010]
-Firman, Muhammad. 2010. Peneliti Temukan Cara Menyimpan Bakteri. http://teknologi.vivanews.com/news/read/192892-peneliti-temukan-cara-simpan-data-di-bakteri [20/12/2010]

Share this:

MediaIklan


Ingin iklan Anda masuk di website ini? Silakan klik di sini

JOIN CONVERSATION

    Blogger Comment

0 komentar:

Poskan Komentar

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari Anda. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.